Rabu, 12 Januari 2011

News

BILLBOARD

Billboard adalah jenis reklame media luar ruang (outdoor advertise) dengan ukuran yang besar yang terpasang di pingir atau dipersimpangan jalan raya. Billboard sangatlah efektif sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk karena penempatannya yang sangat strategis sehingga dapat menarik perhatian banyak orang atas produk dan jasa yang dipromosikan.


Billboard tidak hanya dapat menarik perhatian orang pada pagi hingga sore hari saja, akan tetapi pada malam haripun billboard juga dapat menarik perhatian karena sebagian besar billboard menggunakan lampu dari belakang (backlite), lampu dari depan atas dan dari depan bawah. Dengan menggunakan lampu-lampu tersebut, pada malam hari gambar dan warna dalam produk atau jasa yang dipromosikan akan tampak lebih tajam dan terlihat lebih terang.



PERLETAKAN TITIK REKLAME

Tujuan penempatan media reklame pada ruang-ruang publik adalah agar dilihat oleh permirsa (khalayak umum). Dalam hal ini, pemirsa utama yang menjadi tujuan pemasangan reklame di sepanjang jalan adalah pengguna jalan yang memakai kendaraan, dimana dalam 'melihat' pemakai kendaraan dibatasi oleh waktu, sehingga adanya keterbatasan dalam melihat detail, keterbatasan sudut pandang atau sudut visual, serta dipengaruhi oleh kekontrasan dan penempatan dari reklame itu sendiri (Mandelker dan Ewald, 1987).

Kejelasan persepsi terhadap suatu objek dipengaruhi oleh jarak antara objek tersebut dengan mata manusia. Sudut pandang terjelas atau bidang pandang manusia yang paling balk adalah berupa cone dengan sudut antara 3° - 5°, meskipun pada sudut 10° - 20° pandangan terhadap suatu objek masih cukup jelas. Jika faktor detail dan faktor warna diabaikan, total sudut pandang penglihatan manusia adalah berkisar antara 180°-120°.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar